Ketauhilah Ini 5 Ciri-Ciri Fauna Australis yang Banyak Hidup di Indonesia Timur

Daftar isi [Tampil]

Jika Anda perhatikan fauna Australis itu banyak berada di wilayah Indonesia bagian Timur seperti di Papua juga ada di Maluku Utara. Biasanya, fauna tipe Australia ini hanya berukuran kecil saja. Sementara ciri yang paling khas yang ada di kawasan ini yaitu mamalia berkantong. Berikut penjelasannya.

ciri fauna australis
ciri fauna australis

5 Ciri-Ciri Fauna Australis

1. Dominasi Hewan Mamalia yang Kecil

Jika dibanding dengan karakteristik fauna tipe asiatis, maka mamalia yang terdapat di zona Australasia ini biasanya mempunyai ukuran tubuh yang relatif kecil. Bukan hanya itu saja, namun mamalia ini pun lebih identik dengan organ kelenjar mamae yang dimilikinya, diman kelenjar ini berfungsi untuk menghasilkan susu.

Hewan tipe Australia ini pun bisa ditemukan di wilayah negara Australia sendiri, juga jika di wilayah di Indonesia hewan tipe Australia berada di Maluku, Nusa Tenggara, juga Papua. Kamu akan menemukan beberapa spesies hewan mamalia berukuran kecil, misalnya kuskus, tarsius, juga badak khas Papua.

2. Aneka Burung yang Terang dan Bermotif

Jika kamu perhatikan secara langsung, kebanyakan burung tipe Australia ini terlihat dengan jelas warna dari sayapnya. Warna yang muncul itu biasanya akan tampak terang juga mempunyai motif yang unik. Sementara ada kelebihan yang dimilikinya dimana ini merupakan ciri hewan tipe Australia yang cukup terlihat jelas untuk spesies burung.

Warna pada sayap burung tipe Australia ini yaitu adanya struktur dua dimensi seperti kristal yang mempunyai ruang kecil. Ruang ini pun bisa dapat memberikan pantulan warna yang bermacam-macam saat mendapat pantulan cahaya.

3. Jenis Hewan yang Berkantung

Hewan ynag memiliki kantung adalah satu di antara tiga mamalia yang terkenal dengan sebutan marsupialia. Karakteristik hewan bergantung ini yaitu mempunyai zigot yang mana diketahui bisa berkembang menjadi embrio dalam waktu singkat. Kemudian, hanya 33 hari saja lalu embrio menjadi bayi ynag memiliki ukuran seperti lebah madu.

Sementara untuk fungsi kantung yang ada pada hewan tipe Australia yaitu sebagai tempat menyusui induk untuk anaknya. Namun tanpa menyusui pun kantung, ini biasanya akan dipakai sebagai tempat tinggal individu baru yang baru. Salah satunya adalah hewan kanguru.

4. Populasi Kera dan Kucing dengan Ukuran Kecil

Populasi kera dan kucing tipe Australia ini bisa dikatakan semakin langka. Hal ini bisa disebabkab karena memang rendahnya tingkat reproduksi juga terbatasnya induk populasi ynag bisa membuat keturunan baru. Wlaaupun demikian, keduanya masih tetap bisa kamu temukan di kawasan wilayah Australasia

5. Tidak Mempunyai Banyak Ikan Tawar

Walaupun sebenranya sebagian kecil zona Australasia ini ada di daerah tropis, akan tetapi wilayah ini tidak mempunyai banyak spesies ikan air tawar. Bahkan ikan yang bisa ditemukan pun justru didominasi oleh wilayah Papua daripada Australia sendiri.

Itulah 5 ciri ciri utama hewan tipe Australis dari Antispam.or.id,selamat belajar dan semoga bermanfaat!