Mengenal Pengertian Drama dan Teater serta Perbedaan Antar Keduanya

Daftar isi [Tampil]

Perbedaan drama dan teater secara sederhana adalah di mana drama merupakan teks dari drama dengan teater adalah produksi yang lahir dari drama itu. Drama dan teater merupakan dua kata yang sering dipakai dalam seni pertunjukan.

pengertian dan perbedaan drama dan teater
pengertian dan perbedaan drama dan teater

Ketika melihat kedua seni tersebut dan ditampilkan dalam visualisasi yang bagus, akan sangat berkesan bagi para penontonnya. Agar memberikan penjelasan lebih baik kepada anda, dalam artikel ini akan dibahas mengenai perbedaan kedua hal tersebut.

Apa Pengertian Drama?

Pengertian drama adalah sebuah teks cetak dari lakon atau merujuk pada naskah sebuah peran atau lakon. Di dalam kandungan teater di Inggris mendefinisikan bahwa drama adalah cabang teater yang didasarkan atas representasi peristiwa. Selanjutnya, ditulis kedalam pantomim atau prosa yang bertujuan menggambarkan peristiwa maupun konflik situasional lewat akting.

Asal kata drama sendiri yaitu dari negara Yunani di mana dran berarti bertindak atau melakukan sesuatu. Seperti halnya pada karya sastra tertulis lain misalnya novel, mereka yang menikmati gerhana akan punya interpretasi berbeda-beda sesuai konteksnya. Di dalam sebuah drama terdapat interaksi yang langsung antara si pembaca dan penulis.

Istilah drama juga merujuk kepada sebuah episode hidup maupun fiksi dimana konflik atau emosi terlibat di dalamnya. Di masa modern sekarang ini, banyak orang juga yang menyebutkan drama untuk genre film beserta serial TV lain.

Pengertian Teater

Istilah dari teater dari kata Yunani yang berarti theasthai (untuk dilihat). Teater ini merujuk pada produksi peran di atas panggung. Dalam sebuah teater akan memerlukan banyak unsur mulai dari kostum, latar belakang, panggung, efek suara pencahayaan, dan sebagainya. Bahkan karena untuk ruang pertunjukan, faktor setiap nonton adalah tiga Hal mendasar yang harus ada pada sebuah teater.

Teater sendiri merupakan sebuah pertunjukan yang kolektif dibuat oleh sutradara, teknisi, dan banyak pihak lainnya. Di dalamnya, tidak terdapat interaksi secara langsung antara penulis naskah dan penonton. Sebuah teater akan memberikan interpretasi lain dari peran yang dimainkan. Contohnya, interpretasi seseorang saat membaca sebuah novel akan berbeda saat disajikan dalam bentuk teater.

Apakah Perbedaan Antara Drama Dan Teater

Perbedaan penting antara drama dan teater yaitu bahwa drama acuannya adalah pada sebuah teks sedangkan teater acuannya adalah produksi di pementasan panggung drama itu.

Di dalam sebuah drama terdapat interaksi langsung antara pencipta dan penonton. Akan tetapi, pada sutradara teater, aktor, atau designer akan bermain menjadi sebagai perantaranya. Disamping itu kemah sebuah teater merupakan entitas fisik akan tetapi drama adalah entitas yang abstrak.

Demikian informasi tentang Apa itu perbedaan drama dan teater. Dengan mengetahui masing-masing perbedaan ini, tentunya akan membuat wawasan Anda semakin luas lagi. Semoga bermanfaat!