Penting! Inilah 6 Perbedaan Hub dan Switch, Praktisi Jaringan Wajib Tahu!

Daftar isi [Tampil]

Bagi yang belum mengetahui, hub dan switch merupakan alat jaringan komputer. Fungsinya sendiri yaitu untuk membagi jaringan yang terhubung dengan port supaya antara satu komputer dengan komputer berikutnya nantinya pun dapat terhubung. Meskipun begitu, jika Anda perhatikan kedua alat ini ternyata memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

6 perbedaan hub dan switch
6 perbedaan hub dan switch

6 Perbedaan Hub dan Switch

Inillah 6 perbedaan Hub dan Switch, diantaranya:

1. Perbedaan dari Segi Definisi

Hub adalah perangkat yang memudahkan pengguna melakukan transfer data dengan bantuan port hub. Selain itu, Hub juga dimanfaatkan sebagai penghubung segmen LAN. Biasanya hub tersusun atas beberapa port tergantung variasinya. Sedangkan untuk tipe penggunaannya sendiri ada dua yaitu aktif dan pasif.

Sedangkan Switch adalah sebuah jaringan yang menghubungkan berbagai jaringan berdasarkan MAC Address. Menariknya, di sini pengguna dapat mengatur setiap port yang ingin digunakan. Terdapat dua tipe Switch yaitu Switch manage dan Switch unmanaged.

2. Perbedaan Penggunaan OSI

OSI (Open System Interconnection) merupakan model referensi dengan bentuk kerangka konseptual yang digunakan sebagai patokan standar koneksi komputer. Terdapat 7 tingkatan OSI layer dimana HUB menduduki OSI layer pertama. Sedangkan Switch menggunakan OSI layer kedua.

3. Tingkat Kehandalan

Switch disebut lebih handal dibandingkan Hub karena melakukan penyeleksian pada semua perangkat, tak terkecuali komputer. Jadi, switch akan memilih perangkat mana yang dapat terkoneksi melalui MAC Address. Sedangkan Hub tidak memiliki kemampuan untuk menyeleksi, tetapi hanya menerima sinyal dari setiap port dan langsung ditransfer ke semua port tanpa dipilah-pilah.

4. Transfer Data

Kecepatan transfer data Hub dibagi-bagi sesuai jumlah port yang dimilikinya. Akibatnya proses transfer berjalan lebih lamban. Sementara itu, Switch yang melakukan sistem seleksi perangkat akan lebih cepat dalam mengirimkan data. Langsung dikirim sesuai tujuan tanpa dibagi-bagi dengan perangkat lain.

5. Sistem Pengaturan

Berbicara tentang pengaturan, maka Hub lebih simpel. Tetapi, pengguna Hub sebenarnya tidak dapat melakukan pengaturan, sebab semua fungsi Hub sudah dapat langsung digunakan tanpa perlu repot mengaturnya terlebih dahulu.

Sedangkan Switch menganjurkan pengguna untuk setting terutama tipe manage dan smart manage. Pengguna dapat mengizinkan atau memblokir perangkat yang terhubung ke Switch. Selain itu, bisa mengatur pembagian segmen di jaringan LAN.

6. Keamanan

Hub tidak memberlakukan pemeriksaan pada semua data yang ditransfer. Berbeda dengan Switch, dimana penerima belum tentu mendapatkan data yang utuh dari pengirim. Ini dikarenakan Switch akan selalu memeriksa semua data yang dikirim untuk memastikan keamanannya.

Itulah perbedaan Hub dan Switch dari tim Antispam.or.id yang penting sekali diketahui oleh para pengguna komputer. Selanjutnya dapat menentukan pilihan menggunakan yang mana disesuaikan dengan kebutuhan. Jika ingin memilih tingkat keamanan tinggi, maka gunakan Switch, begitu juga sebaliknya.